Friday, July 1, 2011

2010, penjualan buah Kiwi di Indonesia naik 60%

Posted by agrobisnisindonesia |

JAKARTA, kabarbisnis.com: Buah kiwi Zespri atau kiwi fruit semakin digemari masyarakat Indonesia. Terbukti, penjualan tahun 2010 mengalami kenaikan lebih dari 60% dibandingkan tahun sebelumnya. Padahal buah asal negara Selandia Baru ini, baru 3 tahun menerobos pasar dalam negeri.
"Kenaikan penjualan karena promosi yang gencar, sehingga konsumen semakin tahu akan manfaat yang dirasakan dari buah kiwi," ungkap Tosin, Direktur PT. Sewu Segar Nusantara di Jakarta, Jumat (05/11/10).
Sepanjang 2010, penjualan buah Kiwi mencapai 500.000 tray (1 tray setara 3,5 kg), dibandingkan tahun 2009, penjualannya sebesar 300.000 tray, tahun 2008 tercatat 200.000 tray dan 2007 hanya 35.000 tray.
Tosin mengatakan, dibandingkan dengan negara Asean, seperti Singapura dan Malaysia, posisi Indonesia masih tertinggal jauh, menempati urutan ke tiga. Dan untuk mengejar ketertinggalan, Indonesia harus mampu menjual sebanyak 1 juta tray.
"Kami optimis mampu mengejar ketertinggalan itu, mengingat potensi pasar buah Kiwi masih cukup besar. Karenanya, kini melakukan pengembangan pasar ke beberapa kota besar yakni Surabaya, Medan, Bandung, dan Bali," kata Tosin.
PT Sewu Segar Nusantara, anak usaha di bawah Grup Gunung Sewu yang bergerak di penyaluran dan pemasaran buah serta sayur segar.
Selain mengimpor buah kiwi dari Selandia Baru, juga buah nanas dari Filipina, apel dan piir dari Afrika Selatan. Juga buah segar lainnya pisang cavendish, pisang mas, pir singo, pir golden, apel fuji, melon dan nanas.
Impor buah kiwi dari Selandia Baru dalam bentuk mentah, kemudian diproses sehingga menjadi matang dan siap dipasarkan. Buah kiwi dianggap sebagau buah eksotik, buah mahal karena produksi panennya menunggu musiman, yang terjadi setahun sekali.
Buah Kiwi yang beredar di Indonesia adalah kiwi hijau (Zespri Green Kiwi fruit) dan buah kiwi emas (Zespri Gold Kiwifruit). Kiwi mengandung vitamin, mineral, anti-oksidan, fitokemal yang bermanfaat melindungi tubuh dari penyakit, cegah kerusakan sel, penuaan dini, menjaga saluran cerna dan jaga kadar gula darah.
Kiwi dipasarkan Zepri Internasional, sebuah perusahaan asal Selandia Baru. Perusahaan ini memiliki kantor di Eropa, Inggris, Amerika Utara hingga Asia Pasific. Nilai pemasarannya mencapai 70 negara dengan total impor mencapai 100 juta trays senilai US$1 miliar atau Rp 9,5 triliun. Kbc10
Sumber berita:http://www.kabarbisnis.com/read/2815920 

0 comments:

Post a Comment